• Sun. Aug 7th, 2022

Byadmin

Mar 26, 2022
Waspada! Ketahui Penyebab dan Gejala Radang Sendi

Dalam dunia medis, radang sendi dikenal dengan artritis. Ini merupakan penyakit yang menyerang organ sendi dimana penderita akan merasakan kesakitan disertai sejumlah gejala lainnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai risiko sehingga harus selalu waspada karena bisa menyerang siapa saja.

Untuk dapat mengetahui apakah Anda menderita artritis ini perlu dilakukan diagnosa dari dokter terkait secara menyeluruh. Pemeriksaan meliputi cek kondisi secara fisik untuk melihat apakah ada tanda kemerahan, bengkak, dan lainnya. Pengecekan juga menggunakan peralatan seperti, CT Scan, MRI, serta lain sebagainya.

Penyebab Radang Sendi yang Harus Diperhatikan

Rasa sakit pada sendi dan tulang biasanya akan semakin terasa ketika usia semakin tua. Dengan bertambahnya usia, organ tersebut juga mengalami penurunan fungsi. Jika tidak dilakukan penanganan secara segera, maka dapat mengalami kerusakan permanen. Ada sejumlah penyebab radang sendi yang harus Anda waspadai seperti di bawah ini.

1. Usia

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, usia menjadi faktor paling banyak menyebabkan terjadinya sakit artritis ini. Biasanya ketika memasuki umur 65 tahun, sakit peradangan tersebut akan mulai terasa. Dengan demikian, akan mengganggu pergerakan atau aktivitas lainnya. Ini juga semakin parah dengan kondisi tulang menurun.

2. Terjadi Gangguan Pada Metabolisme Tubuh

Penyebab selanjutnya adalah mengalami gangguan metabolisme. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh asam urat tinggi. Terjadinya gangguan itu tentu akan mempengaruhi kesehatan persendian. Biasanya pola hidup juga menjadi faktor pemicu dimana jika rajin mengatur makanan, tentu risiko penyakit ini akan sangat kecil.

3. Autoimun

Autoimun adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Penderita akan merasakan sakit di bagian persendian karena adanya virus yang mengganggu membran organ itu. Penanganan harus segera ditangani dengan cepat untuk menghindari akibat lebih parah lagi. Autoimun sering diderita oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

4. Infeksi

Faktor penyebab lainnya adalah mengalami infeksi. Organ sendi juga dapat terinfeksi sehingga mengakibatkan rasa sakit dengan disertai sejumlah gejala. Infeksi tersebut dapat datang kapan saja kepada siapa saja tidak memandang usia. Oleh sebab itu, harus selalu waspada akan risikonya.

Gejala Arthritis

Radang sendi sendiri mempunyai beberapa jenis. Dengan begitu, gejalanya akan muncul berbeda-beda. Namun secara umum terdapat gejala mulai dari sendi terasa sakit dan kaku, muncul pembengkakan, kulit kemerahan, otot melemah, dan masih banyak lagi lainnya. Apabila mengalami beberapa dari gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk pengobatan lanjut.

Itu dia informasi seputar penyebab dan gejala radang sendi. Meskipun banyak menyerang orang dengan usia lanjut, nyatanya ada beberapa kasus seperti infeksi dan autoimun dimana harus diwaspadai siapa saja. Diagnosa penyakit ini membutuhkan bantuan ahli medis sehingga tidak boleh asal dalam pengobatan.