wallpaper

WALLPAPER : Semua yang harus diketahui

siapa sih yang engga tau wallpaper? baik wallpaper untuk dinding ataupun untuk komputer serta smartphone. Wallpaper memang sangat banyak jenis dan variasi nya, mulai dari bergaya minimalis sampai dengan penuh warna.

Yang akan kita bahas sekarang mengenai wallpaper di PC ataupun di smartphone. Namun tahukah kamu bagaimana awal tercipta nya wallpaper? berikut adalah ulasan lengkapnya yang sudah LOCCIDENTAL.NET rangkum.

Sejarah Wallpaper

Sistem X Window adalah salah satu sistem paling awal yang menyertakan dukungan untuk gambar sembarang sebagai wallpaper melalui program xsetroot, yang setidaknya pada rilis X10R3 pada tahun 1985 dapat menyusun layar dengan warna solid atau gambar biner X BitMap. Pada tahun 1989, sebuah program perangkat lunak gratis bernama xgifroot dirilis yang memungkinkan gambar GIF dengan warna sewenang-wenang untuk digunakan sebagai wallpaper, dan pada tahun yang sama program xloadimage gratis dirilis yang dapat menampilkan berbagai format gambar (termasuk gambar berwarna di Sun Rasterfile format) sebagai latar belakang desktop. Selanjutnya, sejumlah program dirilis yang menambahkan dukungan wallpaper untuk format gambar tambahan dan fitur lainnya, seperti program xpmroot (dirilis pada 1993 sebagai bagian dari fvwm) dan perangkat lunak xv (dirilis pada 1994).

Sistem operasi Macintosh asli hanya mengizinkan pemilihan pola ubin gambar biner 8 × 8 piksel; kemampuan untuk menggunakan pola warna kecil ditambahkan di Sistem 5 pada tahun 1987. Mac OS 8 pada tahun 1997 adalah versi Macintosh pertama yang menyertakan dukungan built-in untuk menggunakan gambar sewenang-wenang sebagai gambar desktop, daripada pola berulang kecil.

Windows 3.0 pada tahun 1990 adalah versi pertama Microsoft Windows yang hadir dengan dukungan untuk penyesuaian wallpaper, dan menggunakan istilah “wallpaper” untuk fitur ini. Meskipun Windows 3.0 hanya hadir dengan 7 pola kecil (2 hitam-putih dan 5 16-warna), pengguna dapat menyediakan gambar lain dalam format file BMP dengan warna hingga 8-bit (meskipun sistem secara teoritis mampu menangani Gambar berwarna 24-bit, itu dilakukan dengan membuat dithering ke palet 8-bit). untuk menyediakan fitur wallpaper serupa jika tidak ada di sistem tersebut. Fitur wallpaper telah ditambahkan dalam rilis beta dari OS / 2 2.0 pada tahun 1991.

Karena meluasnya penggunaan komputer pribadi, beberapa wallpaper menjadi sangat dikenali dan memperoleh status budaya ikonik. Bliss, wallpaper default Microsoft Windows XP telah menjadi foto yang paling banyak dilihat di tahun 2000-an. Wallpaper Bliss ini sangat iconik, bergambar pemandangan bukit hujau yang luas dengan pemandangan langit biru berawan putih.

omong-omong tentang wallpaper default milik Windows XP, ada suatu kisah menarik didalamnya loh. mau tau kisahnya? silahkan dibaca.

Kisah Wallpaper Windows XP Seharga 1 Miliar Lebih

Dilansir dari Peta Pixel, Microsoft telah membayar fotografer dibalik legendarisnya wallpaper Bills dengan uang sebesar USD 100.000 atau setara dengan Rp 1,3 miliar.

Wallpaper itu sendiri dipotret oleh Charles O’Rear yang mengakui bahwa dirinya mengambil gambar ketika sedang melakukan perjalanan ke California pada Januari 1996 silam.

Dengan harganya yang mencapai miliaran, maka tak ada alasan bagi Microsoft untuk tidak menjadikan foto tersebut sebagai wallpaper utama dari Windows XP. Yang menarik, harga wallpaper Bills terbilang sangatlah mahal jika dibandingkan dengan harga foto lainnya yang dibayar Microsoft untuk dijadikan salah satu wallpaper Windows XP.

Misalnya saja wallpaper Autumn yang hanya dihargai USD 45 atau sekitar Rp 610 ribuan saja. Foto hasil jepretan fotografer bernama Peter Burian ini merupakan salah satu dari ratusan foto yang dia ambil pada Oktober 1999 silam.

Sempat diperkirakan mendapatkan imbalan USD 300 atau sekitar Rp 4 jutaan, namun entah kenapa Microsoft hanya membayarnya jauh lebih murah dari yang diharapkan.

“Peter Burian mengambil ratusan foto pada Oktober 1999 ketika dirinya sedang menguji lensa untuk fotografi di sebuah majalah. Namun ketika dia mengirimkannya dan kemungkinan akan dibeli USD 300 oleh Microsoft, Burian hanya mendapatkan USD 45 saja,” ungkap laporan dari Toronto Star mengenai Peter Burian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *