• Thu. Jan 20th, 2022

4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Menyimpan Makanan

Byadmin

Dec 4, 2021
4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Menyimpan Makanan

MPASI bayi usia enam bulan berwujud bubur kental atau puree guna memberikan tekstur makanan yang sesuai sistem pencernaan yang belum optimal. Bila Anda tipe orang yang cukup sibuk setelah masa cuti selesai, sebaiknya pertimbangkan membuat bubur bayi dalam jumlah banyak atau bisa dikonsumsi dalam dua porsi. Sisa makanan yang sudah Anda buat untuk menu MPASI bisa disimpan di lemari es agar bertahan lebih lama.

Cara Menyimpan MPASI di Lemari Es yang Benar

Dilansir dari alodokter.com, Anda harus memperhatikan 4 hal penting dalam menyimpan makanan bayi di lemari es berikut :

1. Penyimpanan bahan makanan

Bahan makanan yang belum diolah bisa Anda simpan di dalam kulkas dalam waktu lama tergantung dengan jenis pangan tersebut. Misalnya jenis sayuran brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, jenis daging, dan umbi-umbian bisa disimpan lebih lama tanpa mengubah rasa, sedangkan jenis buah apel, stroberi, alpukat, dan pisang harus segera diolah agar tidak berubah tekstur dan rasanya.

2. Menyimpan pada wadah yang tertutup rapat

Gunakan wadah yang tertutup rapat dan terbuat dari bahan yang aman dari BPA sebab wadah yang mengandung bahan kimia bisa mempengaruhi sistem cerna bayi yang belum stabil. Untuk menu yang berbentuk cair, bisa disimpan ke dalam ice cube guna menghindari kontaminasi kuman atau bakteri penyebab penyakit pada si kecil.

3. Menuliskan tanggal pembuatan MPASI dan usahakan satu porsi makan saja

Tanggal pembuatan MPASI bisa menjadi acuan bahwa bubur bayi masih layak dikonsumsi si kecil. Bila tanggal pembuatan terlalu lama, maka penyimpanan di dalam kulkas akan mempengaruhi tekstur dan rasa. Selain itu, Anda wajib membuat menu MPASi dalam satu porsi makan selanjutnya saja sebab makanan yang sudah keluarkan tidak direkomendasikan masuk ke dalam kulkas lagi.

4. Penyimpanan MPASI di dalam freezer

Untuk jenis makanan yang sudah diolah bisa disimpan di dalam freezer dengan pengaturan suhu dibawah 5 derajat celcius guna penyimpanan berjangka 3-6 bulan. Namun, usahakan untuk segera memberikan makanan kepada si kecil agar MPASI tidak mengalami perubahan tekstur dan rasa makanan. Jika ingin menyimpan di rak lemari es, sebaiknya Anda segera memberikan MPASI pada anak maksimal dua hari saja.

Supaya Anda lebih yakin dengan citarasa makanan masih layak konsumsi, cek kondisi MPASI masih segar dan tidak berbau, berubah warna atau berlendir. Bila terjadi risiko makanan menjadi berubah tekstur, sebaiknya Anda tidak memberikannya pada si kecil, ya! Kemungkinan makanan sudah terkontaminasi bakteri atau kuman saat Anda membuka atau menutup lemari es terlalu sering.

Dari beberapa kiat menyimpan makanan bayi di lemari es di atas, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan makanan dengan baik. Sisa bubur bayi yang sudah diolah bisa masuk ke lemari es, tapi segera berikan pada periode makan siang atau sore nanti. Yuk, ketahui penyimpanan MPASI yang benar agar si kecil tidak alami gangguan sistem pencernaan!